Fungsi dan Jenis Inverter

Kata inverter pasti sudah banyak kiat dengan di kehidupan sehari-hari. Tapi, apakah kita mengertahui kegunaan inverter, pengertian(fungsi), type, jenis, dan cara kerja nya?. Inverter ini adalah suatu alat elektronik yang dapat mengubah aliran listrik serah atau DC (Direct Current) menjadi arus bolak balik AC (alternating Current). Fungsi inverter itu sederhana nya kebalikan dari fungsi adaptor atau converter yang merubah dari aliran AC ke DC. 

Dengan inverter ini putaran electric motor atau biasa disebut motor induksi dan dinamo penggerak bisa di atur kecepatan putar nya sesuai dengan kebutuhan atau kondisi yang diinginkan atau juga bisa menggunakan baterai atau aki kendaraan, solar panel, menjadi sumber listrik.

Penggunaan Inverter disekitar kita antara lain :

  • Belt conveyor yang digunakan di berbagai pabrik -pabrik yang manfaatnya untuk meningkatkan efisiensi kerja 
  • Kipas – kipas ventilasi untuk pemakaian di dalam gedung yang manfaatnya untuk menghemat energi dan otomatisasi seperti pompa, blower/kipas , kipas ventilasi menara pendingin, pengering (kipas tungku)
  • Selain itu digunakan di berbagai bidang yaitu : Penyejuk Udara , di Kereta Api, di Mesin Cuci, di Mobil Listrik. 
Fungsi Inverter

Jenis Inverter

Jenis inverter dapat dibedakan dari beberapa dari beberapa hal:

  1. Berdasarkan bentuk gelombang
  2. Berdasarkan pengendalian tegangan
  3. berdasarkan jumlah fasa output nya

Anda dapat menghubungi kami dengan meng klik wa 081297575385:

Variable Frequensi Drive Aplication:

  • Output Frequency : 0.1 – 600Hz
  • Modular & Compact Design
  • Build In PLC Function
  • Build in EMI filter (230V 1Phase & 460V 3Phase)
  • Optional fieldbus module (Devicenet, Provibus, LonWorks, and CAN Open)
  • RFI switch mains
  • Easy DC Bus Sharing
  • Flexible extension
  • Complete protection

Baca Juga

1. Berdasarkan bentuk gelombang

1.1 Square Sine Wave Inverter

Inverter type ini adalah type yang paling sederhana dari type inverter yang lain dan menghasilkan gelombang yang berbentuk kotak seperti namanya, tetapi memiliki effisiensi yang rendah sehingga tidak semua alat elektronik bisa menggunakan inverter jenis ini. Inverter jenis ini menghasilkan gelombang atau frekuensi 50Hz dan tegangan 220V

SQUARE SINE WAVE

1.2 Pure Sine Wave

Inverter type Pure sine Wave mempunyai tegangan output dengan bentuk gelombang seperti ombak atau sinus murni yang seperti bentuk gelombang tegangan dari PLN. Effisiensi type inverter ini cukup baik dan dapat memberikan supply tegangan kebeban (induktor) atau motor listrik (electric motor) dengan baik

Pure Sine Wave

1.3. Modified Sine Wave

Inverter type modified sine wave adalah inverter hasil modifikasi dari type square sine wave, biasa digunakan untuk beban kumparan, akan tetapi lebih tinggi, lebih boros dan sehingga hasil nya pun tidak effisien. Inverter jenis ini tidak disarankan digunakan untuk peralatan rumah tangga seperti pompa air, AC, kulkas atau peralatan audio.

MODIFIED SINE WAVE
Inverter, Bagaimana cara kerjanya?

2. Berdasarkan Pengendalian Tegangan 

  • Inverter Voltage Fed Inverter (VFI), Inverter yang satu ini memiliki tegangan input yang diatur secara konstan
  • Inverter Variable DC Linked Inverter ,Inverter yang memiliki arus input yang dapat di atur dengan cara konstan.

  • Inverter Current Fed Inverter ,Inverter yang disertai dengan tegangan input yang dapat di atur dengan bebas sesuai dengan kebutuhan anda dalam penggunaan listrik itu sendiri. 

3. Berdasarkan Jumlah Fasa Outputnya

Berdasarkan jumlah fasa dapat di klasifikasikan berdasarkan jumlah yang dihasilkan oleh inverter itu sendiri. Klasifikasi jumlah fasa ini bertujuan untuk pengaplikasi inventer,yang terbagi kedalam beberapa jenis. Berikut klasifikasi berdasarkan fasa keluarannya : 

  • Inverter satu fasa, jenis inverter satu fasa ini memiliki keluaran fasa berjumlah satu yang di aplikasikan dengan daya skala rendah atau memiliki kapasitas rendah yang biasanya di peruntukan untuk peralatan elektronik. Contohnya UPS ( Uninterrupible Power Supply )
  • Inverter tiga fasa , Jenis inverter tiga fasa ini memiliki keluaran fasa berjumlah tiga yang diaplikasikan dengan daya berskala tinggi atau memiliki kapsitas besar, biasanya untuk keperluan industri. 

Jenis Inverter yang pada umumnya di temukan di pasaran

Jenis-jenis inverter antara lain : 

  • UPS ( Uninterrupible Power Supply ), merupakan gabungan antara inverter dengan rectifier dan stabilizer, dimana inverter tersebut berfungsi untuk mengubah arus listrik DC menjadi arus listrik AC sedangkan rectifier berfungsi sebaliknya dari inverter. Dengan demikian peran dari rectifier ini adalah untuk mengisi tegangan ke dalam baterai. Sebaliknya, inverter yang berperan untuk mengembalikan arus PLN, lalu tugas dari stabilizer itu sendiri adalah mengstabilkan tegangan pada rectifier kemudian membuat baterai bisa terisi pada tegangan optimal. 
  • Portable / Car Inverter ,pada umumnya penggunaan ini paling sering di jumpai. Contohnya mengisi baterai ponsel /laptop di dalam mobil, maka yang digunakan adalah tegangan arus AC yang ada di dalamnya. Akan tetapi,jenis ini juga memiliki kekurangan. Misalnya daya nya yang kecil tidak lebih dari 200Watt.Karena sumber yang di ambil itu dari aki mobil. Jika digunakan secara bersama-sama dengan daya yang digunakan untuk mengoperasikan mobil resikonya membuat aki mobil cepat rusak karena arus listrik yang terbagi -bagi.
  • Solar Inverter, merupakan jenis inverter yang digunakan untuk mengubah arus listrik bertegangan DC dari solar cell ataupun dari aki untuk menjadi arus listrik tegangan AC. Jenis ini juga di lengkapi dengan baterai charger yang sekaligus utuk mengisi daya baterai. 
  • Variable Speed Drive (VSD), merupakan gabungan antara inverter dengan rectifier sama dengan UPS. Bedanya pada VSD tidak dilengkapi dengan baterai sebagaimana dengan UPS. Konversi yang dilakukan jenis ini untuk kebutuhan digitzing. Frekuensi tegangan DC pada jenis ini nanti nya bisa di sesuaikan dan kemudian di konversi kembali menjadi tegangan arus listrik AC.

PT Parsial Dua Teknik

Partial Teknik adalah distributor spare part dan mesin : Elektrik motor (motor induksi), Gear Box (Gear reducer), Inverter, Gear Pump, Ruber Coupling, Pompa Sentrifugal, Valve, Electric Chain Hoist dengan Merk BOLOGNA, ABB, TECO, ADK, YUEMA, HITACHI, TITAN, MOTOVARIO, EBARA, CUTES, JIAYU dll….

Whatsapp/Hp Pak Yusuf : 081310274816

Email                               : yusufirawan002@gmail.com

Barang Terkait

Memahami Sistem Cara Kerja Pompa Pendorong

Electro motor – Pompa pendorong atau yang lebih dikenal dengan booster pump adalah perangkat yang dirancang untuk meningkatkan tekanan air di sistem perpipaan. Alat ini bekerja dengan menambah energi pada air, sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi dan dapat mengalir dengan lebih baik ke seluruh bagian sistem. Pompa pendorong sangat berguna di tempat-tempat yang mengalami

Read More »

Jual Helical Gearbox Merk Yuema Terdekat Karawang Kualitas Dijamin

Electro motor – Dalam dunia industri yang terus berkembang, kebutuhan akan perangkat mekanis yang handal dan efisien menjadi semakin penting. Salah satu komponen kunci yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi industri adalah gearbox. Gearbox berfungsi untuk mengubah kecepatan dan torsi dari motor, sehingga memungkinkan mesin untuk bekerja dengan optimal. Di antara berbagai jenis gearbox yang

Read More »